Jum'at, 01 Agustus 2014
Share |

Pemkab Cianjur akan bangun Pasar Warungkondang

25 Juni 2010, 09:37 WIB
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur Drs.Ginanjar, mengemukakan Pemerintah Kabupaten Cianjur sudah menganggarkan pembangunan pasar Warung Kondang sebesar Rp 390 juta. Sedangkan untuk Pasar Cipanas yang sudah selesai pembangunannya, selanjutnya tinggal pengaturan pembagian kios dan los. Oleh karena itu harus ada kesepakatan pembahasan dan musyawarah lagi dengan melibatkan OPD terkait serta pihak konsultan. Dalam penentuan kios dan los tersebut memposisikan calon penghuni kios dan los harus benar-benar sesuai dengan peruntukannya atau sesuai hak pemilikan kios.
Pembagian dan pengelolaan kios harus sesuai dengan peraturan bupati walaupun jumlah kios dan los saat ini diperkirakan sudah mencukupi. tetapi harus dipertimbangkan bagaimana memberikan kios kepada korban kebakaran sehingga tidak menimbulkan permasalahan. Karena yang kena musibah akan diberikan secara gratis dengan demikian teknis pengaturaannnya harus musyawarah, pedagang kaki lima (PKL) masih dalam pemikiran Pemerintah Kabupaten, yang jelas pada Bulan Ramadhon mendatang Pasar Cipanas sudah bisa digunakan, tambah Kadisperindag.

Menurut Kadisperindag, yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Kabupaten, tidak hanya dua pasar yang terkena musibah, tetapi sekarang ini ada 15 pasar di Kabupaten Cianjur yang juga perlu dibenahi dan ditingkatkan. Semua membutuhkan anggaran yang tak sedikit, ke 15 pasar tersebut, antarlain Pasar Induk, Pasar Muka, Bojongmeron, Cikalongkulon, Ciranjang, Cibeber, Sukanagara, Cigombong, Pagelaran dan beberapa pasar lainnya.