Rabu, 20 Agustus 2014
Share |

Bupati Cianjur Launching E-KTP

19 April 2012, 09:36 WIB
Bupati Cianjur Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh, MM., meresmikan Launching Pelaksanaan Penerapan E-KTP di Kabupaten Cianjur, hari rabu kemarin tanggal 18 April 2012, bertempat di Kantor Kecamatan Karangtengah. Acara tersebut dihadiri para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur, Camat Karangtengah serta tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya BupatiCianjur, mengatakan seiring dengan berkembangnya jumlah penduduk yang cepat, tentunya diperlukan kesempurnaan administrasi penduduk yang benar benar akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, baik secara administrasi maupun secara hukum.

Selanjutnya Bupati menyampaikan dengan data yang jelas dan akurat, maka akan menghasilkan hal hal sebagai berikut ; Pertama, tersedianya database kependudukan yang akurat dan berkelanjutan melalui tertib penyelenggaraan administrasi kependudukan dalam rangka system informasi administrasi kependudukan dan penerbitan dokumen. Kedua, tersedianya pelayanan data dan informasi kependudukan yang dapat dijadikan bahan kebijakan pemerintah kabupaten Cianjur dalam menyusun rencana pembangunan. Ketiga, tersusunnya daftar penduduk potensial yang sudah memiliki hak pilih, baik untuk pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah, maupun untuk pemilihan umum lainnya serta adanya antisipasi terhadap masalah masalah bidang kependudukan. Keempat, mendukung peningkatan keamanan negara sebagai dampak positif dari tertutupnya peluang KTP ganda dan KTP palsu.

Terakhir Bupati mengharapkan melalui kegiatan ini pelaksanaan kebijakan dalam rangka pemutakhiran data kependudukan dan penerapan E-KTP untuk terwujudnya pelaksanaan sistim administrasi kependudukan nasional, dapat terwujud.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cianjur, Hilman Kurnia Rahdiana, S.Pd, M.Si melaporkan penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis Nomor Induk Kependudukan Nasional atau E-KTP merupakan salah satu program pemerintah dari Kementerian Dalam Negeri melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, setiap penduduk berkewajiban untuk mengikuti program ini dengan memenuhi surat panggilan ke tempat pelayanan E-KTP dan tidak boleh diwakilkan, serta berhak mendapatkan pelayanan penerapan E-KTP dengan tanpa dipungut biaya/gratis. Adapun jumlah wajib KTP di seluruh Kabupaten Cianjur sebanyak Laki-laki = 1.009.369 orang, Perempuan = 951.605 orang. Jumlah seluruhnya sebanyak 1.960.974 orang. (AND2,BH).