Rabu, 23 April 2014
Share |

Dishubkominfo Cianjur Upayakan Tertib Parkir

11 September 2012, 10:39 WIB
Dishubkominfo Cianjur selama ini terus menertibkan jalur dan tempat parkir, walaupun beberapa pengguna jalan masih mencuri-curi untuk parkir di area non parkir. Seperti di jalur jalan raya bahwa area parkir diatur disebelah kanan jalan, masih ada yang memarkirkan kendaraannya di jalur kiri. Ketidak teraturan seperti ini dapat mengakibatkan kemacetan lalu lintas, padahal jalur jalan raya sudah satu arah agar lalu lintas bisa normal sesuai dengan volume kendaraan yang masuk di jalur ini.
Dalam setiap kesempatan Kepala Dishubkominfo Cianjur, H. Aban Subandi, SH, MM. Senantiasa menghimbau dan mengintruksikan kepada stafnya, agar tidak bosan-bosannya menghimbau kepada pengguna jalan supaya selalu mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku dan terus menertibkan lalu lintas, terutama yang memarkirkan kendaraannya secara sembarangan.

Terkait dengan perubahan tarif parkir, hal ini sesuai dengan perda yang baru nomor 9 tahun 2012 tentang penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan, yang diberlakukan mulai per 1 September 2012. Tentu hal ini untuk memenuhi target pendapatan retribusi parkir, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (DISHUBKOMINFO) Kabupaten Cianjur, dalam upaya peningkatan PAD Pemkab. Cianjur yang nantinya dikembalikan lagi untuk kepentingan masyarakat Cianjur, sebagai modal dasar pembangunan di Kabupaten Cianjur.

Tarif retribusi mulai diterapkan di kawasan parkir kendaraan di sejumlah ruas jalan Protokol. Dibagi ke dalam dua kawasan, yakni kawasan parkir A, meliputi jalan Ir. H Juanda (Selakopi), Jl. HOS Cokroaminoto dan Jl. Mangunsarkoro. Sedangkan kawasan parkir B, merupakan ruas jalan yang tidak termasuk pada kawasan parkir A.

Untuk kawasan A, bagi kendaraan roda dua atau motor Rp. 1.000 dari awalnya Rp. 500. Sementara mobil boks, dari Rp. 2.000 menjadi Rp. 3.000 dan tarif parkir untuk mobil sedan dan sejenisnya dari Rp. 1.000 menjadi Rp. 2.000.

Sosialisasi untuk perubahan tarif ini, sering dilakukan melalui Radiao Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) atau media web site Pemkab. Cianjur, termasuk oleh petugas parkir sambil memungut ongkos parkir. Karena setiap hari Senin, semua petugas parkir dikumpulkan Di Dinas Hubkominfo Cianjur, untuk terus dibina bagaimana memberikan pelayanan dalam pungutan parkir termasuk penggunaan karcis parkir.