Minggu, 21 Desember 2014
Share |

Dishutbun Cianjur Siapkan Lahan Ruang Terbuka Hijau ( RTH

13 September 2012, 10:08 WIB
Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Cianjur melalui program Kebun Bibit Rakyat (KBR) menyiapkan untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH). Anggaran tersebut akan diberikan kepada 33 kelompok di setiap Kecamatan
Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Cianjur Drs.Moch Ginanjar. MAP mengungkapkan rincian anggaran tersebut berasal dari APBD dan APBN. Bantuan dari pusat tersebut diperuntukkan bagi 33 kelompok disetiap Kecamatan di wilayah Kabupaten Cianjur, rata rata per kelompok mendapatkan Rp.50 juta. Sedangkan dari Pemerintah Daerah, anggaran yang tersedia sebesar Rp.1,2 miliar.

Program tersebut merupakan usulan Pemerintah Daerah sekaligus Pusat. Karena Cianjur memang minim lahan Ruang terbuka hijau (RTH) pada saat ini hanya ada tiga titik yakni Babakan Karet, Kawasan Universitas Suryakencana (Unsur) Cianjur, serta Eks terminal Muka Cianjur. Sedangkan Penambahan tersebut akan diprioritaskan pada lahan lahan yang belum punya ruang terbuka hijau.

Program tersebut merupakan bagian dari upaya penanganan lahan kritis di Kabupaten Cianjuryang direncanakan untuk delapan titik lahan kritis, diantaranya Gekbrong, Warungkondang, Sukaresmi, Agrabinta, Leles, serta Cikalongkulon. Dan juga akan terus berupaya dari lahan kritis menjadi lahan produktif melalui program program baik yang diusung Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat.(rc,yn).