Minggu, 19 Februari 2017
Share |

Wakil Bupati Cianjur Bersama Ribuan Relawan Bersihkan Sampah Sungai CItarum

22 November 2016, 07:47 WIB
Mengingat kondisi air Waduk Saguling sampai dengan saat ini telah mencapai ketinggian 643, 70 mdpl, pada elevasi mencapai 643,80 mdpl sesuai SOP pintu spilway nomor 3 akan dibuka seWakil Bupati Cianjur Bersama Ribuan Relawan Bersihkan Sampah Sungai CItarumtinggi 1 meter. Hal ini berkorelasi dengan volume air sungai Citarum yang akan bertambah besar. Dan sebagai antisipasi terjadinya banjir dari luapan air sungai, Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Cianjur mengajak seluruh elemen masyarakat juga para pegawai lingkungan Pemkab Cianjur giat melaksanakan bersih-bersih sungai DAS Sungai Citarum dan sekitarnya.

Jadikan kegiatan ini sebagai perekat dan pemersatu komponen baik para relawan aparatur dan seluruh eleman masyarakat sehingga terjalin komunitas yang kondusif yang memperkuat ke siap siagaaan dari seluruh unsur masyarakat. Demikian dkikatakan Wakil Bupati Cianjur H. Herman Suherman saat meresmikan kegiatan Gerakan Pengurangan Resiko Bencana dengan agenda kegiatan Bersih Bersih Sungai Citarum dan Tanam Bibit Pohon di sekitar bantaran sungai CItarum. Acara tersebut dilaksanakan di lapang Desa Sukatani Kecamatan Haurwangi. Sabtu kemarin 19 nopember 2016.

Hampir seribu peserta/relawan berkumpul dari semua unsur aparatur pemerintahan, komunitas pemerhati sungai, ormas dan lembaga sosial lainnya hadir dalam kegiatan bakti sosial tersebut. Kepala BPBD, Asep Suparman mengatakan kegiatan ini sebagai antisipasi pemerintah bersama masyarakat dalam meminimalisir akan terjadinya bencana alam seperti banjir. Kondisi cuaca yang tidak menentu dan curah hujan dijadikan tolak ukur dalam melaksanakan pencegahan bencana ini.

Kegiatan apel tersebut diakhiri dengan penyerahan simbolis alat kerja dan bibit pohon oleh Wakil Bupati Cianjur kepada perwakilan peserta. Hadir pula perwakilan dari BPBD Pusat Gita Yulianti, Kasat Pol PP Arief Purnawan, ketua RAFI Cianjur H. Rudi Syahdiar, Camat Haurwangi Ajat Sudrajat, Muspika setempat, para kepala OPD terkait dan tamu undangan lainnya. (peliput/tim mc kab. cianjur)