Minggu, 19 Februari 2017
Share |

Dodi Sudarma Membuat Sistem Penilaian Digital Score Pencak Silat Dan Sudah Go Public

04 Mei 2016, 11:27 WIB
Ada Kebanggan tersendiri dirasakan segenap pesilat yang ada di Kabupaten Cianjur, kecanggihan teknologi berupa sistem penilaian dalam tarung dan seni gerak mulai di lirik di tingkat nasional. Tak menutup kemungkinan, teknolgi bernama Digital Scoring (DScore) akan digunakan dalam event pencak silat di TMII pada Kamis (5/5) hingga Sabtu (7/5).

Pencipta DScore, Dodi Sudarma mengatakan, dari berbagai kendala akhirnya DScore sudah dapat digunakan dalam berbagai event di kancah kabupaten.

Tak sedikit event yang sudah di uji cobakan dan yang paling terbaru sudah di uji cobakan dalam kejuaraan O2SN di STAI Al-Azhary pekan kemarin . “DScore sudah berhasil diuji pada kelas tarung, namun masih disempurnakan pada kelas gerak seni,”ujar pelatih pencak silat porda 2016 ini.

Pengurus pencak silat Benteng Ksatria (Bentar) ini menambahkan, masih membutuhkan beberapa perbaikan sehingga DScore dapat diterapkan dalam ajang kejuaraan tingkat nasional esok.”Alat ini juga akan terlahir dari keperihatinan. Insya Allah bisa jadi solusi dari beberapa masalah yang biasa dihadapi kalau ada event pencak silat,”tuturnya kepada radar Cianjur.

Dodi pun memohon doa dan dukungan dari beberapa pihak untuk dapat menyempurnakan ciptaannya itu.

Pasalnya, ragam kendala teknis memang masih kerap terjadi khususnya saat event resmi tengah berjalan.”Kalau urusan teknis semakin hari semakin baik. Setelah sering direvisi alat sudah jarang sekali trouble sekarang ,”ungkap Dodi.(yaz/tim mc kab. cianjur)